Facebook Ogah Terapkan Kontrol Privasi “Opt-in”


PALO ALTO – Facebook mengakui bahwa fitur kontrol privasi untuk melindungi data-data pribadi penggunanya masih terlalu rumit dan membuat banyak pengguna bingung untuk menggunakannya. Dalam beberapa hari ke depan, Facebook akan menerapkan cara mengatur privasi lebih praktis.

Namun, Facebook menolak usulan agar pihaknya menerapkan cara pengaturan bersifat “opt-in” sebagai default atau pengaturan awal saat penggunanya. Selama ini, Facebook menerapkan “opt-out” sehingga pengguna harus memilih siapa saja yang tidak bisa mengakses konten yang akan ditampilkannya di Facebook bukan sebaliknya.

Facebook menolak model ini dengan berkilah bahwa lebih dari 400 juta penggunanya bergabung karena mereka ingin terhubung dengan sebanyak mungkin teman dan berbagi dengan mereka. “Orang ingin tetap tersambung dengan keluarga, teman dan orang-orang di sekitarnya, itu adalah hal inti yang kami kerjakan,” kata Mark Zuckerberg, CEO dan pendiri Facebook dalam konferensi pers di kantor pusatnya di Palo Alto, California, AS, Rabu (26/5/2010).

Meski demikian, ia setuju bahwa privasi pengguna harsu dilindungi. Facebook juga berupaya menyediakan cara mengatur privasi yang mudah buat penggunanya. Sistem pengelolaan privasi yang lebih praktis dan sederhana akan diaplikasikan di semua fitur Facebook mulai beberapa hari ke depan termasuk di layanan berbasis lokasi yang tengah Facebook kembangkan.

“Kami percaya sekali pada privasi dan memberi orang pengawasan. Ada keseimbangan, dan semakin banyak saja orang ingin berbagi informasi sepanjang mereka memiliki kontrol yang baik atas hal itu,” sambungnya.

Pos ini dipublikasikan di Internet, Technology, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s