Hadirnya SSD Dengan Kemampuan Data Tulis 9.5 GB/S dengan Tegangan 1 Volt Saja


End user yang jauh berpengalaman dalam perangkat keras setidaknya pernah mendengar tentang efisiensi daya dan kecepatan data transfer yang berguna memberikan keuntungan yang berasal dari keberadaan sebuah drive solid state. SSD lebih unggul dibanding HDD dan para pengembang solusi penyimpanan lebih peduli dengan peningkatan kapasitas mereka dari apa pun. Namun demikian, tim riset Jepang telah melangkah maju dan fokus dalam mencari cara untuk membuat memori flash NAND yang bertegangan kecil namun memiliki kemampuan berkinerja baik.

Tim tersebut terdiri dari peneliti dari Japan’s Advanced Industrial Science and Technology, yang dipimpin oleh Ken Takeuchi, yang merupakan seorang profesor di Departemen Teknik Elektro dan Sistem Informasi, Teknik Sekolah Pascasarjana Universitas Tokyo. Kelompok ini akan menghadirkan teknologi yang memungkinkan pembuatan chip NAND Flash yang mengkonsumsi listrik jauh lebih sedikit dibandingkan dengan solusi penyimpanan saat ini ketika menulis data pada kecepatan revolusioner.

Kecepatan data tulisnya kabarnya tidak kurang dari 9.5 GB/s. Bukan Gigabit melainkan Gigabyte. Seperti sebuah kecepatan data 1.5GB yang mampu dicapai oleh PCI Express SSD dengan kecepatan yang tampak lebih cepat. Kinerja ini dimungkinkan karena dengan mengurangi konsumsi menjadi 1V (dibandingkan dengan 1.8V), penulisan paralel dapat dilakukan hingga sebanyak 100 chip NAND sekaligus.

Tim tersebut telah menamai penemuan mereka sebagai teknik peningkatan diri prosedur sel-tunggal. Dalam sebuah laporan TechON!, “mematikan dua sel yang berdekatan dengan sel unchosen dengan menerapkan tegangan 1V yang berasal dari kedua ujung batas bit yang terhubung ke sel unchosen sehingga saluran sel unchosen yang floating” ini seharusnya mengurangi SSD yang mengkonsumsi daya secara keseluruhan sebesar 86%.

Tentu saja, sejak teknologi tersebut baru saja dikembangkan, belum ada cara kalau SSD 10GB/s benar-benar akan dirilis dalam waktu dekat. Namun demikian, dengan keberadaan teknologi ini dapat pastikan bahwa penyimpanan Flash memiliki potensi yang sangat tinggi.

Pos ini dipublikasikan di Technology dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s