Microsoft Silverlight


SilverlightMicrosoft Silverlight sebagai sebuah aplikasi baru dari sisi client telah mengalami dua masa pengembangan hingga saat ini. Dimulai dari versi Silverlight 1.0 RC yang hanya mengandalkan Javascript dalam penanganan obyek-obyeknya, hingga Silverlight 1.1 Alpha Refresh yang mengusung teknologi .NET Framework yang dilengkapi dengan komponen akses database server, Data Access LINQ. Format .NET Framework sendiri telah membuat Silverlight didukung tidak hanya Javascript saja, tetapi juga VB.NET dan C#, serta IronPython, IronRuby dan VBx.

Di masa yang akan datang, Microsoft juga akan mengembangkan Silverlight dengan komponen akses database ke database server dengan mempergunakan layanan web service. Komponen database yang akan memperlengkapi Silverlight ini adalah Data Access LINQ.

Silverlight sendiri merupakan aplikasi client-side yang dibangun dengan mempergunakan dasar XAML (Extensible Application Markup Language). XAML terdiri atas baris-baris perintah yang mengikuti aturan penulisan XML yang dipakai untuk membentuk obyek-obyek yang diinginkan. Silverlight memakai XAML untuk membuat obyek-obyek grafis, animasi maupun multimedia. XAML sendiri dapat dibuat dengan mengetikkan baris-baris perintah pada notepad secara langsung atau juga mempergunakan aplikasi development. Adapun aplikasi development yang dapat dipakai ada 2 (dua), yaitu Microsoft Expression Blend 2 dan Visual Studio 2008. Microsoft Ekspression Blend 2 merupakan aplikasi pembantu yang ditujukan untuk para web designer, sedangkan Visual Studio 2008 Orcas diperuntukkan khususnya bagi para programmer dan developer web. Microsoft Expression Blend 2 sendiri banyak digunakan untuk mengembangkan pembuatan obyek-obyek animasi, grafis dan multimedia dengan mempergunakan prinsip WYSIWYG (What You See Is What You Get), sehingga user dapat melakukan editing  dimana hasilnya dapat langsung dilihat. Selain itu tool in juga memudahkan user dalam membuat animasi dengan fasilitas ‘timeline’ yang tersedia.

Untuk dapat menikmati Microsoft Silverlight ini, Anda dapat melakukan download installer melalui web resminya di http://www.silverlight.net. Di dalam situs resmi Silverlight ini dapat diperoleh file installasi Silverlight 1.0 RC, Silverlight 1.1 Alpha Refresh (plug in Silverlight 1.1), Silverlight 1.0 SDK (berisi kumpulan contoh dan dokumentasi Silverlight 1.0) dan  Silverlight 1.1 SDK Alpha Refresh July 2007 (berisi kumpulan contoh dan dokumentasi Silverlight 1.1).(dna)

Pos ini dipublikasikan di Internet, Technology dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s