Gianyar


Bukit Jati Gianyar

Bagi yang melewati lintasan wisata gianyar jangan lupa untuk mengunjungi wisata bukit jati karena tempatnya menawarkan pemandangan yang sangat indah. Bukit jati awalnya merupakan tempat persembahyangan bagi umat hindu yang ada di sekitarnya tetapi seiring perkembangan wisata yang terjadi maka dibangun gedung sebagai tempat pementasan kesenian diantaranya : pementasan tari-tarian, tabuh, pementasan bela diri dan lain-lain. Di sini juga ada wantilan sebagai tempat bagi para wisatawan untuk melepas lelah. Kesegaran tempat yang dikelilingi pemandangan hijau akan membuat anda betah lama-lama berada disini. Kawasan yang terletak ± 2 km ke timur dari kota gianyar ini

Salah satu tempat wisata yang menarik di Kecamatan Gianyar adalah Kolam Renang Bukit Jati. Kolam renang ini terletak di kaki Bukit Jati yang berada di Lingkungan Samplangan pinggiran timur kota Gianyar. Walaupun berukuran kecil, air di kolam renang ini demikian jernih karena bersumber langsung dari mata air pegunungan. Di hari raya dan hari libur banyak sekali pengunjung yang datang baik ke kolam renang atau pun melihat kota Gianyar dari puncak Bukit Jati.

Kawasan Bukit jati merupakan salah satu kawasan wisata remaja di daerah gianyar, di areal bukit jati sangat bagus dijadikan tempat Piknik dan kemah.Di hari raya dan hari libur banyak sekali pengunjung yang datang baik ke kolam renang atau pun melihat kota Gianyar dari puncak Bukit Jati.

Pantai lebih

Pantai ini terletak di kawasan selatan gianyar, menawarkan keindahannya, dari pantai ini bisa melihat gambaran bentuk pulau Lombok dari barat karena pantai ini dibatasi oleh pulau Lombok pada bagian timurnya, apabila kita berada dipantai ini dan melihat ke selatan maka kita juga bisa melihat bentuk pulau Nusa Penida karena pantai lebih ini pada bagian selatannya dibatasi oleh pulau Nusa Penida. Selain karena keindahan pantainya, bagi para wisatawan yang ingin menikmati sate languan, disinilah tempatnya. Disediakan banyak warung-warung lesehan yang berderetan dari barat sampai timur kawasan pantai lebih ini. Pantai ini juga diperuntukan bagi umat Hindu untuk melaksanakan upacara nangluk merana dan melis .

Obyek Wisata Desa Sidan

Obyek Wisata Alam Sidan terletak di Desa Sidan Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar, tepatnya 4 Km, dari Kota Gianyar ke arah Kota Bangli dan 31 Km. Dari Kota Denpasar. Konon Desa Sidan ( Kerajaan Sidan ) berada di Dusun Pegesangan ( kurang lebih 1 km. di sebelah Selatan Desa Sidan sekarang ) dan karena sesuatu hal maka kerajaan tersebut dipindahkan ( kekisidan ) ke Utara, yang sampai saat ini dikenal dengan nama Desa Sidan. Secara alami Desa Sidan memang memiliki panorama yang sangat indah, karena berada di areal bebukitan yang lepas pandang. Disamping alamnya Desa Sidan juga memiliki beraneka ragam obyek wisata, baik yang berupa peninggalan purbakala maupun yang baru dibangun antara lain :

  • PURA DALEM SIDAN

Pura Dalem Sidan didirikan sekitar abad 17 oleh tetua dari Puri Sidan yaitu I Dewa Gede Pindi ( almarhum ), yang selanjutnya pada tahun 1948 direnovasi kembali oleh putranya yang bernama I Dewa Kompyang Pindi ( almarhum ). Pura Dalem Sidan tidak jauh berbeda dengan pura lainnya, tetapi pura ini mempunyai keunikan tersendiri, karena disamping kemegahannya, juga dihiasi dengan beraneka ragam relief dan ukiran yang khas dan sarat dengan filosofi Agama Hindu.

  • PURA BUKIT CAMPLUNG

Lebih kurang 100 Meter kearah Timur Laut dari Pura Dalem Sidan terdapat sebuah Pura yang bernama Pura Bukit Camplung, yang berdiri megah diatas tebing, dimana tebing –tebing tersebut penuh dengan tulisan – tulisan kuna, yang sampai saat ini belum diketahui asal muasal tulisan tersebut. Di tebing sebelah Utara terdapat selokan mata air kecil yang sangat dikeramatkan karena dipercaya masyarakat sekitarnya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Konon di pura ini juga para Dewata menganugrahkan Gambelan Angklung Sidan yang sudah sangat terkenal sampai ke Manca Negara. Pura Bukit Camplung juga disebut Pura Masceti, karena masyarakat Pengemongnya adalah 9 subak ( Organisasi Klasik Petani Bali ) di Desa Sidan.

  • STAGE BARONG SIDAN

Disebelah Barat Pura Dalem Sidan tepatnya di areal teras persawahan yang sangat indah, telah dibangun stage pertunjukan untuk menyajikan kesenian – kesenian yang berasal dari Kabupaten Gianyar. Saat ini Wisatawan yang ingin menyaksikan Barong khas Stage Sidan ( Pertunjukan Barong Taru Pramana ) dapat memesan langsung ke Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Daerah Tingkat II Gianyar.

Taman Safari – Ds. Serongga – Kec. Gianyar

Taman safari ini terletak di Desa Serongga, Kecamatan Gianyar. Disana terdapat bermacam macam jenis binatang, mulai dari yang paling buas sampai yang paling jinak, juga ditangkar binatang binatang langka yang hampir punah seperti Harimau Putih, dan juga tersedia tempat bermain untuk anak anak dan juga restaurant. bila kita ingin mengelilingi tempat itu, disana sudah tersedia kendaraan beserta supirnya yang siap mengantar untuk berkeliling dan menikmati suasana alam yang layaknya seperti suaka alam hutan alami. Semua binatang binatang disana dilepas bebas seperti di alam liar.
Obyek wisata ini sangat menyenangkan untuk keluarga.Berbagai hewan terdapat di obyek ini dengan berbagai tingkahnya yang lucu. Tempat ini berada kurang lebih 3 Km kearah selatan Kota Gianyar berimpitan dengan Pantai Lebih. Taman Safari ini memiliki kawasan terbuka dimana binatang buas seperti singa dan harimau serta binatang lainnya berkeliaran bebas sebagaimana mereka hidup di alam asli mereka.Para pengunjung dapat bersafari membawa kendaraan mereka langsung memasuki kawasan hutan dan melihat hewan-hewan yang tidak merasa terganggu dengan kedatangan pengunjung.Disini Pengunjung juga dipertunjukan atraksi binatang-binatang tersebut.Bagi pengunjung taman safari ini dikenakan tiket masuk seharga Rp. 75.000,-

Puri Gianyar

Puri Gianyar dibangun pada abad ke 18, puri ini dirawat dan dijaga oleh anggota keluarga kerajaan Gianyar. Istana ini telah beberapa kali mengalami kerusakan namun jika masyarakat ingin melihat contoh yang bagus dari arsitektur istana tradisional di sinilah tempatnya.Namun sampai saat ini wisatawan belum begitu bebas untuk memasuki areal puri.

Pantai Siyut

Bagi remaja yang ingin menyalurkan hobi mereka bersepeda motor trail sambil berlomba disinilah tempatnya,karena tersedia lokasi yang sangat menantang untuk balapan sepeda motor. Selain itu panorama pantai Siyut ini juga sangat bagus karena kita bisa melihat deburan ombak samudera indonesia dari pantai ini.Lokasi pantai ini berada di sebelah timur pantai lebih.

Taman Kota Gianyar

Taman Kota Gianyar adalah salah satu tempat rekreasi yang terletak di tengah kota gianyar, tempat ini tidak begitu luas, disana terdapat patung proses pemutaran gunung mandara giri, Taman kota gianyar adalah salah satu alternatif tempat wisata keluarga untuk menghilangkan penat di sela sela kesibukan aktifitas kota gianyar, dan biasanya ramai di kunjungi pada sore hari. para pengunjung biasanya mengajak serta keluarga mereka untuk sekedar melepas lelah, dan pada hari sabtu ( malam minggu ) tempat ini biasanya ramai di kunjungi para anak muda dari seputaran daerah gianyar.

Taman kota Gianyar terletak disebelah barat kantor bupati gianyar, tempat yang berdirikan patung kokoh raksasa dan kuda ini tak hanya asal asalan tetapi berdirinya patung ini mempunyai suatu sejarah.( Cerita pendek dari sejarah patung ini adalah dimana raksasa ini adalah wujud samara dari rahwana yang menculik dewi shita) Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga khususnya pada sore hari. Tempat yang sangat sejuk yang banyak ditumbuhi tumbuhan hijau ini menawarkan kesejukan. Tempat yang sangat eksotik karena berada di tengah tengah kota gianyar, di tengah hiruk pikuk kendaraan yang berada di kota ini.

Pasar Senggol Gianyar

Pasar Senggol Gianyar ini adalah salah satu alternatif bagi wisatawan untuk berwisata kuliner , nightmarket ini sangat potensial menyediakan jajanan pasar yang khas daerah Gianyar, bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh makanan khas Gianyar , tempat inilah pilihannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s